Selamat Datang di Portal Pendidikan

Mandi Pagi dan Nyeri Leher.

Sudahkah anda tahu ?

Nyeri leher merupakan gangguan berupa timbulnya rasa nyeri yang mengganggu apabila leher digunakan untuk menengok. Gangguan ini mudah timbul pada orang berusia 40 th atau lebih. Gangguan ini sering dipicu oleh kegiatan yang berlebihan. Kerja malam, kedinginan, bahkan tekanan mental (stress kerja) dapat memicu timbulnya nyeri leher. Ada pula yang mengatakan bahwa nyeri leher dikarenakan posisi tidur yang salah. Namun demikian penulis tidak setuju dengan pendapat ini.
Penulis menduga ada kaitan penting antara tekanan darah dengan gangguan nyeri leher. Namun demikian penulis belum menemukan referensi yang penulis pandang akurat terkait dengan gangguan nyeri leher. Gangguan nyeri leher ternyata tidak mudah ditanggulangi dengan obat penghilang nyeri, vitamin, anti radang, antibiotik, kompres hangat atau penyinaran dengan infra merah. Namun demikian penulis menemukan beberapa hal yang dapat meringankan gangguan nyeri leher. Olah raga, kerokan (menggosok kulit yang telah diberi minyak dengan koin hingga berwarna merah), jamu pencegah masuk angin, pace (noni), vitamin B dan mandi pagi dapat meringankan gangguan nyeri leher.
Akan tetapi penulis mendapatkan bahwa mandi pagi merupakan pemecahan paling efektif mengatasi nyeri leher. Lakukan mandi pagi menggunakan air segar (bukan air hangat) segera setelah bangun tidur antara pukul 04.00 hingga pukul 04.30. Jika hal ini dilakukan rutin, dalam waktu tak lebih dari 5 hari anda akan merasakan perubahan yang signifikan. (by. Darto)
Share this post :

Post a Comment

Statistik Blog

Pengumuman

Pengumuman
 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | sman 1 Cipari
Copyright © 2015. SMAN 1 CIPARI - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by Blogger