Selamat Datang di Portal Pendidikan

HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR SMA NEGERI 1 CIPARI TAHUN 2015

Setelah sebulan menjalankan ibadah puasa ramadhan, umat islam merayakan kemenangan di hari raya idul fitri 1436 H ini. Idul Fitri memiliki arti kembali kepada kesucian, atau kembali ke asal kejadian. Idul Fitri diambil dari bahasa Arab, yaitu fithrah, berarti suci.  Dan dalam kenyataannya, perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari dosa. Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya. Itulah makna Idul Fitri. Dosa yang paling sering dilakukan manusia adalah kesalahan terhadap sesamanya. Seorang manusia dapat memiliki rasa permusuhan, pertikaian, dan saling menyakiti. Idul Fitri merupakan momen penting untuk saling memaafkan, baik secara individu maupun kelompok.

Budaya saling memaafkan ini lebih populer disebut halal-bihalal. Fenomena ini adalah fenomena yang terjadi di Tanah Air, dan telah menjadi tradisi di negara-negara rumpun Melayu. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling memberi kasih sayang. 

Halal Bihalal bersama Siswa-Guru dan Karyawan.

Hal itulah yang juga dilakukan di SMA Negeri 1 Cipari, momen ini dilakukan, tanggal 01 Agustus 2015, setelah liburan ramadhan dan hari raya digunakan untuk saling bermaaf-maafan antar seluruh warga sekolah yaitu para siswa dan para guru serta karyawan dihalaman sekolah kita tercinta SMAN 1 Cipari.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah ( Drs. H. Kusworo ) : mengajak untuk saling memaafkan dan membuka lembaran baru dengan penuh semangat dalam memajukan Sekolah. Selain itu seiring dengan pelaksanaan 5 hari sekolah, juga di sebutkan tentang daya tampung masjid sekolah yang kurang memadai dengan jumlah siswa yang berjamaah sholat Dhuhur. Sehingga dalam pelaksanaan jamaah Sholat Dhuhur harus sampai terbagi menjadi 3 kali. 
Pada kesempatan ini ketua Komite SMAN 1 Cipari (Drs. Sukirman), menanggapi positif tentang beberapa kendala, termasuk diantaranya kemungkinan perluasan Masjid SMAN 1 Cipari.
Acara inti pada Halal Bihalal tahun ini di isi dengan pengajian oleh Ustadz Drs. Sugiri dari Kawunganten.

Kemudian acara ditutup dengan do’a dipimpin oleh Bpk. Siswoji, dan salam-salaman.

Beberapa kegiatan dapat anda lihat pada foto-foto dibawah ini :


















Share this post :

Post a Comment

Statistik Blog

Pengumuman

Pengumuman
 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | sman 1 Cipari
Copyright © 2015. SMAN 1 CIPARI - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by Blogger