Selamat Datang di Portal Pendidikan

Kutub magnet utara dan selatan tak pernah terpisah.


Sebatang magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika sebatang magnet dipotong jadi dua, maka masing-masing potongan juga memiliki kutub utara dan kutub selatan. demikian seterusnya. Dengan demikian kita tidak pernah dapat memisahkan kutub utara magnet dengan kutub selatan magnet.
Mengapa demikian ? Hal ini terjadi karena magnet timbul bukan karena keberadaan sebuah partikel. sebuah benda dapat bermuatan listrik positip jika benda tersebut kekurangan partikel yang bernama elektron. Sebuah benda dapat bermuatan listrik negatip jika benda tersebut kekurangan partikel yang bernama elektron. Sebuah benda bersifat netral secara kelistrikan jika jumlah partikel proton (partikel bermuatan listrik positip di dalam inti atom) sama dengan jumlah elektron (partikel bermuatan listrik negatif di kulit atom)
Magnet timbul karena gerakan siklik (melingkar) partikel bermuatan listrik. Jika partikel bermuatan listrik diam, maka partikel tersebut tidak mampu menghasilkan sifat magnet. Arah magnet yang timbul dapat kita ketahui melalui kaidah tangan kanan. Tegakkan ibu jari kanan dan genggamkan jari yang lain. Jika muatan positip bergerak melingkar mengikuti jari yang menggenggam, maka arah ibu jari menunjukkan arah kutub utara magnet yang timbul di pusat lingkaran. Jika yang bergerak muatan negatif, maka arah magnet yang timbul berlawanan dengan arah ibu jari. Terjawab sudah mengapa kutub utara magnet tidak dapat dipisahkan dari kutub selatannya. (by. darto)
Share this post :

Post a Comment

Statistik Blog

Pengumuman

Pengumuman
 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | sman 1 Cipari
Copyright © 2015. SMAN 1 CIPARI - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by Blogger