Selamat Datang di Portal Pendidikan

FISIKA ........ ?

Kompas pemandu arah.

Fisika......?

Fisika merupakan cabang Ilmu Pengetahuan Alam (science) yang membahas perubahan-perubahan keadaan zat ataupun lingkungan yang sifatnya dapat kembali seperti semula. 

Air. Setiap hari kita berhubungan dengan air. Pagi hari kita mandi dengan air. Air di bak mandi kita terasa dingin. Untuk menghangatkan suasana biasanya kita minum kopi. Kita seduh kopi dengan air panas yang kita tuang dari sebuah termos. ketika kopi panas itu kita tinggalkan beberapa saat, kopi berubah menjadi hangat. Saat siang hari kita melepaskan ketegangan dengan minum es teh. Saat kita tinggalkan beberapa saat bongkahan es tersebut berubah menjadi lebih kecil bahkan mungkin telah hilang. Meneliti perubahan-perubahan mendingin, memanas, memadat, mencair, menguap dan mengembun yang terjadi dalam ait tersebut merupakan bagian dari bidang kerja fisika.

Proses Fisika. Air dalam bentuk padat merupakan komposisi dari dua atom hidrogen dengan satu oksigen. air dingin tersusun atas dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen. Air panas tersusun dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Air dalam bentuk gas juga tersusun atas dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen. Dengan demikian perubahan yang terjadi pada peristiwa di atas  tidak mempengaruhi struktur atom penyusun air. Perubahan yang demikian disebut dengan perubahan atau proses fisika.
  
Proses Fisika yang lain. Perubahan suhu, pemuaian, gerak benda baik makroskopis (dapat dilihat mata) maupun mikroskopis (tak dapat dilihat oleh mata), kelistrikan dan kemagnetan, rekomposisi bahan-bahan inti atom (proton dan neutron) juga merupakan prosen fisika. Masih banyak proses fisika yang belum tercakup dalam tulisan ini dan kia bisa mencarinya di sekitar kita. Selamat mengamati proses fisika. (by :  Darto, S.Pd.)
Share this post :

1 comment:

Statistik Blog

Pengumuman

Pengumuman
 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | sman 1 Cipari
Copyright © 2015. SMAN 1 CIPARI - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by Blogger